Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan

delima 011 300x192 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Buah delima merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan pada hampir semua produk perawatan kulit dan kecantikan. Bagi para pecinta buah delima, anda akan senang mengetahui bahwa dalam bentuk cair, jus buah delima juga memberikan berbagai manfaat. Jika anda membutuhkan kandungan antioksidan dalam porsi besar, maka jus buah delima adalah jawabannya.

Minuman jus buah delima sebenarnya mengandung mengandung lebih banyak antioksidan. Faktanya, kandungan antioksidan jus buah delima tiga kali lebih banyak dibandingkan red wine atau bahkan teh hijau.

Delima ada tiga macam, yaitu delima putih, merah, dan ungu. Para penelitian menemukan pada jus buah delima terdapat adanya bahan – bahan tertentu  yang dapat menghambat penggerakan sel kanker dan melemahkan pengaruh protein yang diproduksi oleh tulang sumsum yang beresiko munculnya kanker prostat dan menyebar ke tulang.

Buah Delima kaya akan antioksidan polyphenols, seperti tannin dan anthocyanin. Penelitian medis telah menunjukan bahwa pasien yang mengkonsumsi jus buah delima setiap hari dapat merasakan berbagai keuntungan, yakni kadar kolesterol menurun, memperoleh vitamin C lebih banyak, serta aliran darah ke jantung meningkat. Ini berarti jus buah delima juga efektif untuk menjaga jantung untuk tetap sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit stroke.

Sebagai minuman, jus buah delima juga dapat mencegah dan memperlambat efek penyakit Alzheimer, menurunkan tekanan darah, menjaga agar arteri tidak tersumbat oleh penumpukan plak, mencegah kerusakan tulang rawan, dan menjaga kesehatan gigi.

Sementara itu jika meminum jus buah delima 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan resiko terkena alzheimer hingga 76% dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali. Selain itu dengan mengkonsumsi jus delima dapat menurunkan tekanan darah, menjaga agar arteri tidak tersumbat oleh penumpukan plak, mencegah kerusakan tulang rawan, dan menjaga kesehatan gigi.

Buah dan sayur adalah jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin, dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual ditoko-toko  , buah dan sayuran jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya , serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibandingkan suplemen yang memiliki fungsi yang sama.

Manfaat yang terkandung dalam buah delima

  • Buahnya dapat membersihkan lambung.
  • Kulit delima (dadat) dapat mengobati sakit perut karena cacingan, disentri, diare, wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, pendarahan rahim, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan, dan nyeri lambung.
  •  Bunga delima dapat mengobati radang gusi, pendarahan, dan bronkitis.
  • Daging delima dapat dimanfaatkan sebagai penurun berat badan, sariawan, tekanan darah tinggi, sering kencing, rematik, dan perut kembung.
  • Biji delima dapat dipakai sebagai obat penurun demam, batuk, keracunan dan cacingan.

Pada penelitian klinis terhadap sejumlah orang sehat dan sejumlah binatang yang dijadikan percobaan. Orang-orang yang sehat diberi minum sari buah delima selama 2 minggu dan binatang selama 14 minggu, agar dapat diketahui pengaruh sari buah delima terhadap oksida protein kolestrol yang menggumpal di dalam saraf-saraf darah mereka. Ternyata hasilnya menunjukkan bahwa sari buah delima dapat mengurangi penggumpalan protein kolestrol yang berbahaya dan oksidannya dalam tubuh orang-orang sehat maupun pada binatang (tikus).

Intinya,  penelitian tersebut menunjukkan bahwa sari buah delima sangat efektif dalam menghindarkan seorang dari penyumbatan pada saraf-saraf darah, karena pada buah delima terdapat unsur-unsur antioksidan dalam jumlah yang sangat besar.

 

 

Leave a comment